My Kampus,ya UMM




Visi : Menjadikan Universitas terkemuka dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni  (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai islam.
Misi :    
-Menyelenggarakan pendidikan bermutu
-Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
-Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah
-Menyelenggarakan aktivitas akademik dalam kehidupan yang islami, sehingga mampu berusaha khasanah
-Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEK


Universitas Muhammadiyah Malang  adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” dengan nomor SK: 074/SK/BAN-PT/AK-IV/PT/II/2013 yang berpusat dikmpus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, jalan raya Tlogomas 246 kota Malang, Jawa Timur. UMM termasuk kedalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Dengan didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut kampus putih.
UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi Pembina untuk seluruh perguruan tinggi muhammadiyah diwilayah Indonsesia Jawa Timur. Program progam yang didesain dengan cermat menjadikan UMM sebagai “The Real University”, yaitu universitas yang benar-benar dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangakan Tri Darman perguruan tinggi.

Fakultas-Fakultas
Pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan jaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Psikologi, Kedokteram, Program D3 Keperawatan dan Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan.


Mahasiswa
Saat ini UMM mendidik tidak kurang dari 23.700 mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air, mulai dari NAD hingga Papua. Jumlah tersebut termasuk mahasiswa luar negeri, yaitu dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Australia dan Timor Leste. Mereka mempunyai latar belakang umur, budaya, suku ras, agama, kondisi sosial dan asal SLTA yang berada. Sehingga, menampak gerbang UMM ibarat masuk ke dalam "Dunia Mini" tempat berinteraksi antar individu dan komunitas yang beragam latar belakangnya.


Dosen dan Staff Teknis
Di bidang akademik, Umm terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian yang berstandar internasional serta didukung dosen yang qualified. Hal ini dilakukan, karena UMM telah bertekad menjadi The Real University. Saat ini, UMM mempunyai staf pengajar tidak kurang 750 orang dengan kualifikasi pendidikan hampir 80% lulusan S2, 15% S3 dan Guru Besar sedangkan sisanya masih lulusan S1 dari berbagai PT dalam dan luar negeri. Selain itu UMM juga didukung oleh ratusan staf administrasi, teknisi dan laboran yang masing-masing ahli di bidangnya. Untuk meningkatkan Skill dan kualitas SDM, UMM secara berkala mengirimkan dosen dan staf teknis ke luar negeri untuk mempelajari dan mendalami ilmu dan pengetahuan di semua bidang.

Hal yang membuat aku tertarik pada kampus UMM
            Menurut ku kampus UMM itu sangat bagus, karena disana terdapat banyak sekali kerjasama yang dilakukan oleh UMM dengan Negara lain sehingga UMM ini berkembang pesat. Aku memilih UMM dari keinginan sendiri. Yang terpenting bukan negeri/swastanya, tapi bagaimana akreditasi suatu kampus tersebut, dan bagaimana kampus tersebut dapat mencetak sarjana-sarjana yang sangat berpengaruh. Yang terbukti sekarang UMM telah mendapat akreditasi “A”. Dan kita juga bisa melihat disuatu pemerintahan terdapat banyak alumni dari UMM,yang kampus ini telah mencetak alumni yang hebat-hebat. Hal itulah yang membuat saya tertarik masuk dikampus UMM.
Prestasi yang pernah diraih oleh umm

UMM juga memiliki banyak sekali prestasikampus UMM pun demikian segudang pretasi itu mengiasi keberadaannnya saat ini. bisa di katakan bahwa secara institusional, UMM sudah meraih banyak prestasi, antara lain: sebagai Perguruan Tinggi Terunggul di Jawa Timur, meraih Bintang Dua dari QS Star, juara dalam pengelolaan Rusunawa, memenangkan ASEAN Energy Award, masuk dalam The Promising university, PTS dengan jumlah penelitian DIKTI terbanyak, meraih peringkat baik dalam TesCa-Telkom, serta prestasi terkait di dunia maya, seperti: webometrics, 4icu, dan lain-lain.
Prestasi mahasiswa UMM juga sudah banyak diraih, baik secara individual, kelompok maupun kelembagaan. Beberapa prestasi mahasiswa yang cukup menonjol antara lain: beberapa kali juara dalam Kontes Jembatan Indonesia, prestasi di PIMNAS, debat Bahasa Inggris, prestasi di Eagle Award Metro TV, serta prestasi lain yang sangat membanggakan.
  1. Prestasi Institusi
  2. Prestasi Dosen/Karyawan
  3. Prestasi Mahasiswa
  4. Penghargaan

Keunggulan UMM dalam memberikan fasilitas yang lengkap berupa : 
1.Fasilitas Publik : seperti masjid, SPBU, Hotel UMM Inn, Toko Buku UMM, Rumah Sakit UMM, toko, penerbitan UMM, bengkel sepeda motor, pusat kesehatan, UMM Dome, Kantin, Pusat Suvenir,
2.Fasilitas Akademik : ruang kuliah, laboraturium, perpustakaan, serta komputer dan TIK.
3.Fasilitas Non Akademik : Pusat Kegiatan Mahasiswa (Student Center), Fasilitas Kesehatan, dan Rusunawa (Rumah susun Sewa Mahasiswa).
4.Fasilitas Rekreatif : UMM Dome, Stadion, Lapangan Basket, Lapangan Volley, Lapangan Futsal, Lapangan Bulutangkis, Tenis Meja, Panjat Tebing, Kolam Kano, Stadion, Pusat Seni dan Budaya dan Taman Sengkaling UMM.
5.Fasilitas Penunjang : Kampus, Gedung Perkantoran, Balai dan Aula, Kendaraan, Plasa Internet, Komunikasi, PLMTH, lahan parkiran.

Hal yang menarik dari UMM

UMM memiliki lingkungan kampus yang sejuk, nyaman dan menyegarkan, dengan topografi yang unik, dibelah sungai, dihiasi danau, dan dikelilingi pegunungan. Suasana di UMM merupakan perwujudan sebagai kampus Green and clean. Diampu oleh dosen-dosen lulusan dalam dan luar negeri berpredikat guru besar, doctor, master yang berpengalaman. Di dalam kampus UMM dapat merasakan suasana religious, multicultural dan internasional karena keragaman mahasiswa yang berasal dari berbagai kota dan negara. Selain fasilitas akademik, UMM juga memiliki sejumlah unit usaha sebagai income center yang dapat menopang biaya pendidikan agar terjangkau oleh mahasiswa UMM.
Di tengah tengah kampus ini dibelah Sungai Brantas, yang aliran sungainya dimanfaatkan UMM untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga MIkro Hidro(PLTMH). Di depan kampus kuliah terdapat danau yang sangat indah, dikelilingi gazebo yang menjadi favorit mahasiswa untuk belajar bersama.
UMM memiliki banyak fasilitas yang digunakan untuk kegiatan mahasiswa, seperti laboratorium, perpustakaan, dome, masjid, hotel, stadion, lapangan basket, lapangan futsal, dll.
Hal istimewa yang membedakan kampus umm dengan kampus lainnya
P2KK

P2KK adalah singkatan dari Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan. Program ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru UMM. Bertempat di asrama mahasiswa yang terletak di belakang kampus, P2KK dilaksanakan selama enam hari mulai Senin-Sabtu. Peserta P2KK juga wajib bangun jam 3 pagi untuk shalat tahajjud. Unik sekaligus beratnya, peserta P2KK nggak boleh membawa alat elektronik apapun bentuknya! Jadi bisa kebayang kan, gimana rasanya nggak pegang HP selama hampir seminggu? Hal istimewa inilah yang membuat kampus UMM berbeda dengan kampus lainnya.

Komentar